Sekilas Tentang Adobe Photoshop & Lightroom


Well, selamat datang di PresetGeek, blog ini saya tulis sebagai sarana sharing tentang desain dan fotografi. Oke, di post pertama ini, saya ingin membahas tentang aplikasi editing foto yang sangat populer, yaitu adobe Photoshop dan Lightroom. Selamat membaca, semoga bermanfaat.


Adobe photoshop boleh jadi aplikasi pengolah foto yang paling poluler saat ini. Photoshop banyak digunakan oleh fotografer maupun desainer professional, dikarenakan fiturnya yang sangat lengkap. Mulai dari editing sederhana seperti kecerahan, warna, hingga manipulasi foto yang sangat rumit semua bisa dilakukan dengan adobe photoshop.



Tampilan Adobe Photoshop CS6
Tampilan Adobe Photoshop CS6


Aplikasi ini memang bukan ditujukan untuk pemula yang baru belajar mengenal manipulasi foto, karena banyaknya panel yang cukup membingungkan bagi pemula. Namun adobe sudah mengantisipasi permasalahan ini, adobe kemudian meluncurkan Adobe Photoshop Elements dan Adobe Photoshop Lightroom.

Adobe photoshop elements menyederhanakan tampilan photoshop menjadi lebih mudah untuk dipahami, walaupun sederhana, photoshop elements juga bisa digunakan untuk melakukan menipulasi foto yang cukup kompleks, karena tetap disediakan fitur layer seperti pada photoshop versi standar.
Tampilan Adobe Photoshop Lightroom
Tampilan Adobe Photoshop Lightroom

Sedangkan pada adobe photoshop lightroom, fungsi layer ditiadakan, karena lightroom memang hanya ditujukan untuk manipulasi foto sederhana, salah satu fitur utama pada lightroom yang sangat mempermudah fotografer adalah adanya fitur organisasi foto, sehingga kita bisa melakukan transfer foto dari kamera ke laptop/komputer melalui lightroom, sehingga sangat mudah untuk mencari foto ketika suatu saat dibutuhkan.

Lalu, aplikasi mana yang cocok untuk anda ??
Jika anda adalah seorang pemula yang masih belajar manipuasi foto, saya sarankan untuk menggunakan photoshop elements atau lightroom, karena keduanya menyediakan tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Jika anda membutuhkan aplikasi manipulasi foto yang kompleks, dan bisa diandalkan, maka Adobe photoshop bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda.


Sampai artikel ini ditulis, adobe photoshop sudah mencapai versi CC (Creative Cloud) 2015. Versi CC sedikit berbeda dengan versi CS (Creative Suit) karena sistem pembayaran berupa subscription yang dibayarkan perbulan, berbeda dengan versi CS yang hanya dibayarkan sekali. 

Okee, sekian dulu tulisan saya kali ini tentang adobe photoshop & lightroom semoga bermanfaat, di tulisan saya selanjutnya, saya akan membahas mengenai cara mudah mengedit foto di photoshop & lightroom, jadi, kunjungi terus PresetGeek.Thanks, I'll see you soon.
Oldest