Cara Menggunakan Action Photoshop dan Preset Lightroom

Setelah sebelumnya saya menjelaskan secara singkat tetang action dan preset di post ini, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menginstall dan menggunakan Action Photoshop dan Preset Lightroom, allrihgt, let's goo..



Cara menginstall dan menggunakan Action Photoshop


1. Untuk menginstall Action Photoshop, pastikan anda sudah memiliki file action dengan format .atn.
File Action Photoshop
2. Selanjutnya, untuk menginstall action tersebut, cukup klik dua kali pada file .atn tadi, maka secara otomatis Adobe Photoshop akan terbuka dan action sudah terinstall.


3. Untuk melihat dan menggunakan action yang sudah diinstall, anda harus menampilkan panel action, caranya klik Window -> Actions atau tekan Alt+F9.

Menampilkan Panel Actions
4. Selanjutnya panel actions akan tampil di bagian kanan. Disana akan terlihat action yang sebelumnya sudah anda install, dalam hal ini saya menginstall action Florabella BW.

Tampilan Panel Actions
5. Untuk menggunakan actions yang sudah diinstall, terlebih dahulu masukkan foto kedalam adobe photoshop dengan cara File -> Open maupun Drag&Drop langsung.
Import Foto


6. Setelah foto dimasukkan, pilih action yang akan digunakan, kemudian tekan tombol play di bagian bawah panel action. Sebagai contoh saya memilih B/W Champagne.


Play Action

7. Tunggu hingga proses selesai, dan tampilan foto akan berubah sesuai dengan action yang digunakan.


Action Sudah Berhasil Digunakan


Cara Menginstall dan Menggunakan Preset Lightroom

1. Untuk memasang preset lightroom, pastikan folder preset sudah dalam keadaan diekstrak menggunakan Winrar,7Zip, maupun software yang lain. Karena biasanya preset dibagikan dalam bentuk terkompresi (.rar atau .zip). Setelah diekstrak, akan terbentuk satu folder, pada contoh kali ini saya menggunakan preset Holga.


Extract Preset
Hasil Extract
2. Selanjutnya, buka Adobe Photoshop Lightroom, Lalu klik Edit -> Preferences. 
Menampilkan Preferences

3. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut, pilih tab Presets. Kemudian pilih Show Lightroom Presets Folder.


Menampilkan Folder Preset Lightroom
4. Selanjutnya akan muncul jendela windows explorer, pilih Lightroom -> Develop Presets. Kemudian Copy-kan folder preset yang sudah diextract tadi kedalam folder tersebut.


Copy ke develop presets
5. Tutup dan Buka kembali adobe lightroom, maka preset sudah siap untuk digunakan. Masukkan Foto, kemudian klik tab Develop dan pilih preset yang akan digunakan di bagian kiri.
Preset Siap Digunakan

Berikut saya sertakan link download untuk preset dan action yang saya gunakan diatas, untuk bahan latihan anda.

Download Florabella BW Actions

Download Holga Lightroom Preset

Oke, itu tadi pembahasan yang cukup panjang tentang bagaimana cara menginstall dan menggunakan Action Photoshop dan Preset Lightroom. Jika ada pertanyaan, jangan segan untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Sampai ketemu di post berikutnyaa..
Previous
Next Post »