Cara Mudah Edit Foto dengan Adobe Photoshop dan Lightroom.

Di posting sebelumnya, saya sudah sedikit menjelaskan tentang aplikasi edit foto yang sangat populer, yaitu adobe photoshop dan lightroom. Nah, di post kali ini, PresetGeek akan berbagi tips mudah untuk mengedit foto di adobe photoshop maupun lightroom.

Editing foto biasanya dilakukan dengan menambahkan kontras, saturasi, dan white balance. Namun tidak semua orang bisa menentukan porsi yang cocok untuk mengaplikasikan ketiga setting tersebut, yang ada bukannya foto yang tambah bagus, malah tambah rusak. Nah, disini saya akan menjelaskan cara mengedit foto dengan mudah menggunakan Action Photoshop dan Preset Lightroom.
Before & After Menggunakan Preset
Before & After Menggunakan Preset

Action Photoshop dan Preset Lightroom adalah kumpulan setting yang sudah dikemas sehingga sangat mudah digunakan, seperti halnya menggunakan filter pada instagram. Penggunaan action dan preset sangatlah sederhana, dan tidak membutuhkan kemampuan khusus.

Action dan Preset menjadi sangat populer akhir-akhir ini karena semakin maraknya penggemar fotografi yang suka membagikan foto mereka di situs jejaring sosial seperti facebook dan instagram. Untuk mendapatkan hasil edit yang maksimal tanpa harus melakukan editing yang rumit, mereka biasanya menggunakan action maupun preset.

Jadi, jika anda ingin mengedit foto tanpa harus ribet dengan banyak settingan, maka preset dan action sangat cocok untuk anda.

Action dan preset untuk photoshop/lightroom biasanya dijual oleh situs-situs fotografi dan editing yang sudah terkenal, seperti VSCO,Mastin Labs,dll. Harga yang dibandrol untuk satu paket preset tidaklah murah, mulai dari $50 hingga ratusan dolar. Harga ini sebanding dengan tingkat kesulitan dan hasil edit yang lebih mantap.

Namun, bagi anda yang ingin mencoba menggunakan action maupun preset, jangan khawatir, di post berikutnya saya akan bagikan beberapa preset dan action gratis buatan saya sendiri. Sekaligus cara menginstall dan menggunakannya.


Okay, sekian dulu tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Sampai ketemu di post selanjutnya.
Previous
Next Post »